Penyebab Haid Selalu Lama

5 Penyebab Haid Selalu Lama pada Remaja, Penting Diketahui!

Penyebab haid selalu lama – Haid memang telah menjadi hal rutin yang pasti dialami oleh setiap wanita setiap bulannya. Namun tak jarang, kedatangan haid membuat para wanita seringkali mengalami masalah-masalah yang cukup mengganggu aktivitas.

Seperti yang paling umum terjadi ialah berupa kram atau nyeri pada perut saat hari pertama atau kedua haid, hingga yang paling membuat para wanita khawatir adalah periode haid yang terlalu lama.

Penyebab Haid Lama

Normalnya, perdarahan yang terjadi saat menstruasi adalah 2-7 hari. Tetapi tak sedikit dari wanita mengalami haid yang agak lama, yakni melebihi 7 hari.

Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran, mengingat ada banyak faktor yang memang memengaruhi siklus haid seorang wanita. Mulai dari kondisi fisik atau karena adanya gangguan penyakit yang menyerang organ kewanitaan.

Seperti yang dijelaskan oleh Dokter Fadjar Siswanto, Sp.OG (K) Fer bahwa haid normal terjadi dalam selang waktu 24 hingga 35 hari dari haid sebelumnya, yakni berkisar antara 4-7 hari. Maksimal 10 hari, jika selalu lebih dari sepuluh hari maka harus segera dilakukan pemeriksaan. ( jateng.tribunnews.com/ )

Untuk itu, hal tepat yang Anda lakukan selain memeriksakan kondisi yang Anda alami ke dokter adalah dengan mengetahui faktor penyebab yang membuat haid Anda berlangsung lama.

Berbagai Faktor Penyebab Haid Lama pada Remaja dan Wanita Dewasa

Mustahil rasanya bisa melakukan pengobatan jika tidak diketahui terlebih dulu apa yang menjadi penyebabnya.

Untuk itu, saat ini mengetahui apa yang menjadi penyebab haid lama adalah langkah tepat agar kondisi tersebut bisa teratasi dengan baik, dan tidak berkembang menjadi suatu hal yang membuat Anda merugi di kemudian hari.

Dan beberapa penyebab haid lama pada remaja atau wanita dewasa, di antaranya meliputi:

  • Adanya ketidakseimbangan hormon

Ya, penyebab pertama menstruasi lama kemungkinan dipengaruhi oleh adanya ketidakseimbangan homon. Seperti hormon estrogen dan progesteron yang tidak seimbang dapat memicu penumpukan berlebih dalam rahim, sehingga menyebabkan perdarahan berlebih saat menstruasi.

Pada umumnya, kondisi ini akan terjadi pada remaja yang baru memasuki masa pubertas dan wanita lanjut usia yang mendekati menopause.

  • Stres berat

Tak hanya berpengaruh terhadap telatnya menstruasi, stres juga bisa memicu haid semakin banyak dan berlangsung lama.

  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal

Penggunaan alat kontrasepsi hormonal dapat memengaruhi frekuensi, durasi, serta volume darah saat haid. Karena itulah, tanyakan ke dokter mengenai jenis kontrasepsi yang cocok agar Anda tidak mengalami menstruasi lama sehingga dapat mewaspadai jika memang hal tersebut merupakan efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi.

  • Polip rahim

Tak hanya di hidung, polip juga ternyata bisa terjadi di rahim.

Pertumbuhan polip biasanya berupa jaringan kecil dan jinak pada dinding rahim yang dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang banyak dan berkepanjangan.

Polip rahim pada umumnya terjadi pada wanita usia subur akibat adanya peningkatan hormon dalam tubuh.

Hal ini biasanya ditandai dengan perdarahan di luar siklus haid, perdarahan di luar siklus haid, hingga sulit dan bahkan tidak bisa hamil. ( Baca juga : Endometriosis penyebab gangguan kesuburan pada wanita )

  • Adenomyosis

Terjadi ketika jaringan endometrium yang biasanya melapisi dinding rahim, tumbuh pada dinding otot rahim.

Jaringan ini kemungkianan menebal, pecah, dan memicu perdarahan hebat saat menstruasi. Tak hanya itu, kondisi ini juga bisa ditandai dengan lamanya haid, darah haid yang menggumpal, mengalami kram perut hebat, hingga mengalami nyeri saat berhubungan seks.

Penyakit dalam organ reproduksi lainnya seperti tumor rahim dan tumor di indung telur juga diketahui menjadi beberapa faktor penyebab haid wanita lama.

Oleh karena itu, masalah haid yang tidak teratur atau terlalu lama seperti yang mungkin Anda alami saat ini tidak boleh diabaikan.

1 Trackback / Pingback

  1. Pengobatan Alami Untuk Mengangkat Polip Rahim Tanpa Operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*