9 Faktor Penyebab Kanker Rahim

9 Faktor Penyebab Kanker Rahim Yang Sering Diremehkan Wanita

9 Faktor penyebab kanker rahim – Meskipun penyebab pasti kanker rahim belum diketahui, tetapi ada beberapa faktor yang dapat memicu serta meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker rahim. Beberapa di antaranya akan kami beberkan di artikel ini…

9 Faktor Penyebab Kanker Rahim
Faktor Penyebab Kanker Rahim

Anda harus tahu bahwa sebagian besar kanker rahim disebabkan oleh terlalu banyaknya hormon estrogen daripada progesteron.

Ketidakseimbangan hormon ini mengakibatkan lapisan rahim menjadi semakin tebal, dan bila lapisan terus menumpuk dan tetap seperti itu, maka sel-sel kanker bisa tumbuh dan berkembang sehingga memicu meningkatnya risiko seorang wanita terkena kanker rahim.

9 Faktor Penyebab Kanker Rahim Yang Sering Diremehkan Wanita

Adapun beberapa faktor yang dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormon penyebab kanker rahim ialah berupa:

  1. Paparan terhadap hormon estrogen

Estrogen merupakan salah satu hormon yang berfungsi mengatur sistem reproduksi wanita, bersama dengan progesteron mereka bekerjasama mengatur keseimbangan sistem reproduksi.

Setelah wanita memasuki masa menopause, produksi hormon progesteron berhenti total sedangkan produksi hormon estrogen tetap ada meski menurun drastis.

Akan tetapi, produksi hormon estrogen dapat meningkat jika tidak diimbangi dengan hormon progesteron sehingga risiko kanker rahim bagi wanita yang telah mengalami masa menopaus cenderung lebih tinggi.

2. Terapi Penggantian Hormon

Terapi penggantian hormon baiknya hanya diberikan pada wanita yang sudah menjalani histerektomi, sedangkan jika rahim masih ada terapi penggantian hormon kombinasi ( estrogen dan progesteron ) harus digunakan untuk menurunkan risiko kanker rahim .

3. Usia

Sebagian penyakit kanker rahim menyerang wanita dengan usia lanjut yang sudah mengalami menopause, tetapi tak menutup kemungkinan terjadi pada wanita dengan usia produktif.

4. Obesitas atau Kegemukan

Kegemukan bisa meningkatkan kada estrogen dalam tubuh sehingga secara signifikan dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena kanker rahim lebih besar.

Bahkan, wanita dengan berat badan berlebih (obesitas ) tiga kali bahkan enam kali lebih mungkin mengembangkan kanker rahim dibanding wanita dengan berat badan wajar.

5. Riwayat reproduktif atau wanita yang belum pernah hamil

Wanita yang belum pernah hamil atau tidak pernah memiliki anak berada pada risiko lebih besar menderita penyakit kanker rahim.

Ini terjadi karena adanya peningkatan kadar progesteron dan penurunan kadar estrogen yang terjadi selama masa kehamilan memiliki efek perlindungan terhadap kanker pada lapisan rahim .

6. Sindrom Ovarium Polikistik

Selain wanita yang belum pernah hamil, wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik juga berada pada risiko lebih besar mengidap penyakit ini karena mereka memiliki kadar tinggi estrogen dalam tubuhnya.

Penderita sindrom ovarium ini memiliki beberapa kista di ovarium, sehingga bisa menimbulkan keluhan seperti periode menstruasi tidak teratur, atau sama sekali tidak menstruasi, sulit hamil, berat badan naik, jerawatan, serta pertumbuhan rambut di tubuh yang berlebihan ( hirsutism ).

7. Hiperplasia endometrium

Ini merupakan suatu kondisi di mana lapisan rahim menjadi lebih tebal. Wanita dengan penyakit hiperplasia endometrium ini memiliki risiko lebih besar terkena kanker rahim.

8. Diabetes tipe 2

Wantita dengan menderita diabetes tipe 2 memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker rahim. Ini dikarenakan wanita dengan diabetes tipe 2 cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas .

9. Penggunaan Obat Tamoksifen ( perawatan hormon untuk kanker payudara )

Semua jenis obat sudah pasti memiliki risiko dan efek samping yang akan diterima penderitanya, termasuk di dalamnya adalah tamoksifen yang dapat meningkatkan risiko kanker rahim bagi penggunanya.

Maka dari itu, Anda sebaiknya secara teratur memeriksakan diri ke dokter jika menjalani pengobatan dengan tamoxifen, terutama jika mengalami gejala pendarahan dari vagina yang tidak wajar.

Cara Mencegah Kanker Rahim

Pencegahan tentu lebih baik jika dibandingkan mengobati. Nah, untuk itu bagi Anda para wanita usia berapapun selain sebisa mungkin menghindari faktor-faktor penyebab atau pemicu kanker rahim di atas, Anda bisa melakukan pencegahan agar tidak terkena dampak dari kanker rahim .

Berikut langkah-langkah untuk mengurangi risiko terkena kanker rahim yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah, di antaranya yakni:

  • Mempertahankan berat badan sehat melalui pola makan dan olahraga
  • Gunakan alat kontrasepsi
  • Susui anak dengan ASI, karena menyusui dapat menurunkan aktivitas estrogen dan ovulasi
  • Waspadai penggunaan obattamoxifen

Demikian sederet penyebab kanker rahim yang harus diwaspadai oleh para wanita, semogga bermanfaat dan menjadikan Anda pribadi yang lebih sehat, peduli terhadap tubuh dengan menghindari faktor-faktor yang dapat memicu munculnya beragam penyakit, serta tidak menyepelekan gejala-gejala atau tanda yang diberikan tubuh.

Posted By: 9 Faktor Penyebab Kanker Rahim on Obat Kanker Rahim Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*