Ciri-Ciri Kanker Rahim Memasuki Stadium Akhir

Ciri-Ciri Kanker Rahim Memasuki Stadium Akhir atau Stadium 4 Yang Harus Diwaspadai!

Ciri-ciri kanker rahim memasuki stadium akhir / stadium 4 – Telah diketahui bahwa kanker rahim merupakan salah satu dari jenis kanker mematikan yang paling ditakuti wanita setelah kanker payudara.

Namun sering kali gejala dari penyakit kanker rahim yang masih berada pada stadium awal ini tak disadari oleh penderitanya dan terkadang mengabaikan gejala yang muncul sebagai gejala dari penyakit biasa.

Barulah ketika kanker memasuki stadium lanjut atau tahapan yang lebih serius, penderita mulai merasakan berbagai gejala yang semakin mengganggu dan menyadari bahwa didalam tubuhnya ada hal yang tidak beres.

Ciri-Ciri Kanker Rahim Memasuki Stadium Akhir

Padahal, jika kanker sudah masuk pada stadium lanjut atau akhir penyakit akan semakin sulit untuk diobati.

Lain halnya jika gejala kanker rahim diketahui ketika stadium masih dalam tahap awal. Sel-sel kanker pasti akan lebih mudah dijinakkan.

Nah untuk itu, baiknya Anda mengenali gejala-gejala awal kanker rahim mulai dari sekarang agar jika suatu saat Anda atau salah satu keluarga Anda mengalami gejala kanker rahim, penyakit bisa diobati dengan mudah.

Ciri-Ciri Kanker Rahim Memasuki Stadium Akhir atau Stadium 4 Yang Harus Diwaspadai!

Sekedar informasi saja, sebelum mengetahui apa ciri dan tanda kanker rahim sudah memasuki stadium akhir Anda juga harus tahu bahwa kanker rahim stadium 4 terbagi dalam dua tahap, yakni:

  1. Stadium 4A di mana kanker sudah menyebar ke bagian kandung kemih hingga rektum (bagian akhir usus besar).
  2. Stadium 4B , di mana kanker sudah menyebar ke organ tubuh lain yang lebih jauh (metastasis), seperti tulang, paru-paru, hati, dan kelenjar getah bening di luar panggul.

Gejala kanker rahim pada umumnya tergolong menjadi dua, yakni gejala awal dan gejala lanjutan.

Gejala awal kanker rahim biasanya berupa terjadinya perubahan jadwal menstruasi, nyeri saat berhubungan seksual, keputihan berbau busuk, perdarahan dari vagina di luar menstruasi, dll.

Sedangkan pada kanker rahim atau kanker serviks stadium 4 atau akhir, akan muncul gejala lanjutan yang meliputi:

 ⇔ Kebocoran urine atau tinja ke dalam vagina, yang terjadi akibat munculnya saluran abnormal (fistula) antara vagina, kandung kemih, dan konstipasi atau sulit buang air besar secara teratur, tidak benar-benar tuntas, atau bahkan tidak bisa buang air besar sama sekali.

 ⇔ Nyeri punggung bawah, perut bagian bawah atau tulang

Menyebarnya sel kanker ke bagian lain selain rahim, bisa ditandai dengan adanya rasa nyeri pada bagian tulang, perut, punggung, dan otot. Nyeri yang dirasakan seringkali terasa cukup mengganggu dan bisa terjadi secara tiba-tiba.

Pembengkakan pada salah satu tungkai, salah satu ciri kanker rahim stadium 4

 ⇔ Pembengkakan pada salah satu tungkai

 ⇔ Penurunan jumlah urin, urine berdarah atau inkontinensia urine

 ⇔ Pucat akibat perdarahan abnormal dari vagina

Perdarahan abnormal atau tidak sedang menstruasi umumnya bisa ditemui ketika penderita baru memasuki kanker rahim stadium awal.

Seiring dengan bertambahnya tahapan kanker, maka perdarahan akan semakin sering terjadi. Pada penderita kanker yang masih berusia produktif, perdarahan bisa terjadi ketika sedang tidak menstruasi,

Sedangkan pada penderita yang usianya lanjut (menopause), perdarahan dapat terjadi sebelum atau sesudah masa menopause. Perdarahan ini dinilai sebagai sebuah komplikasi dari kanker rahim atau efek samping dari sehala pengobatan yang dijalani oleh Anda.

 ⇔ Kelelahan atau tidak bertenaga, tidak nafsu makan

Pada stadium yang sudah memasuki tahap serius, sebagian besar penderita kanker rahim mengakui bahwa tubuhnya lebih mudah lelah dan tidak bertenaga.

Hal ini mungkin terjadi akibat efek samping dari berbagai pengobatan yang sedang dijalani, sehingga memicu kurangnya nafsu makan dan sel kanker yang semakin ganas akan menggerogoti organ-organ tubuh lainnya .

 ⇔ Penurunan berat badan yang signifikan

Pada sebagian besar kasus kanker, ketika sudah memasuki stadium 4 atau akhir biasanya akan mengalami gejala yang sama, yakni terjadinya penurunan berat badan.

Penurunan berat badan ini terjadi secara signifikan dan dalam kurung wakut sangat singkat. Hal ini terjadi akibat kurangnya nafsu makan penderita karena ia sudah merasa tidak nyaman lagi dengan penyakit kanker yang diderita.

Tak hanya itu, massa otot penderita kanker pun turut terkikis akibat semakin mengganasnya sel kanker.

 ⇔ Sesak napas karena anemia atau penyebaran kanker ke paru-paru

Itulah sedikit informasi mengenai ciri-ciri kanker rahim sudah memasuki stadium akhir yang dapat admin bagikan.

Untuk mencegah terjadinya kanker rahim, Anda bisa melakukan check up rutin ke dokter melalui prosedur pap smear dan menghindari berbagai faktor pemicu kanker serviks.

Di samping itu, vaksin kanker serviks yang diperuntukkan bagi wanita usia 11 hingga 26 tahun pun harus dilaksanakan guna membangun sistem kekebalan tubuh agar Anda terlindungi dari HPV (human papilloma virus) penyebab utama kanker rahim.

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter ya jika tidak ingin mengalami penyakit mematikan yang satu ini.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya …

Posted by : Ciri-Ciri Kanker Rahim Memasuki Stadium Akhir On OBAT KANKER RAHIM ALAMI

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Inilah 9 Bahaya Kanker Rahim Jika Tidak Cepat Diobati
  2. Kisaran Biaya Vaksin HPV Untuk Menangkal Kanker Rahim dan Serviks | APOTEK 45
  3. 9 Penyebab Kelelahan Berlebih pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*