5 Cara Pencegahan Kanker Mulut Rahim yang Wajib Diketahui Wanita

5 Cara Pencegahan Kanker Mulut Rahim yang Wajib Diketahui Wanita

Kanker mulut rahim atau kanker leher rahim atau lebih dikenal juga dengan kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang menjadi ancaman terbesar bagi wanita.

Di mana kanker yang muncul pada leher atau mulut rahim wanita ini merupakan pembunuh nomor satu bagi wanita Indonesia.

Bahkan menurut ketua Yayasan Kanker Indonesia (YHI), yakni Prof.DR.dr. Aru Wicaksono yang dilansir dari laman Kumparan, dari 40 wanita yang terdiagnosis menderita kanker serviks, 20 wanita di antaranya meninggal dunia.

Itu alasannya, tak berlebihan jika kanker serviks atau mulut rahim ini merupakan momok yang paling ditakuti oleh hampir seluruh wanita Indonesia atau bahkan dunia.

Cara Pencegahan Kanker Mulut Rahim

Kondisi ini umumnya bermula ketika sel-sel yang tadinya sehat mengalami mutasi genetik atau perubahan DNA, sehingga berubah menjadi sel abnormal. Kemudian sel-sel kanker ini akan tumbuh dan berkembang secara tak terkendali di mulut rahim wanita.

Mengingat betapa ganasnya penyakit yang satu ini, Anda diharapkan untuk lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan rahim dengan baik agar terhindar dari kanker mulut rahim.

Selain itu, yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah pada kebanyakan kasus kanker serviks ditemukan pada stadium lanjut.

Ini terjadi karena saat masih dalam stadium awal, kanker umumnya tidak menimbulkan gejala apapun. Padahal, semakin dini kanker serviks terdiagnosis, peluang untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit tersebut semakin besar.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seorang wanita menderita kanker serviks, beberapa di antaranya seperti:

  • Aktivitas seksual terlalu dini
  • Sering bergonta-ganti pasangan seksual
  • Merokok
  • Melahirkan banyak anak

Cara Pencegahan Kanker Mulut Rahim yang Bisa Dilakukan Sejak Dini

Cara utama untuk mencegah kanker mulut adalah dengan mencegah tubuh untuk tidak tertular virus HPV, yakni dengan :

1. Melakukan screening leher rahim secara rutin

Metode pemeriksaan ini bukan tes untuk kanker, tetapi untuk mendeteksi sel-sel yang berpotensi menjadi kanker. Wanita yang sudah berusia 25-49 tahun atau yang sudah pernah berhubungan intim sangat dianjurkan untuk melakukan pap smear tiap tiga tahun sekali.

Sedangkan untuk wanita berusia 50-64 tahun, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ini tiap lima tahun sekali. Dengan melakukan screening secara rutin, maka sel-sel kanker mulut rahim bisa dideteksi sedini mungkin.

Dengan begitu, penyakit bisa langsung ditangani segera dan kondisi kanker semakin parah bisa dicegah.

2. Melakukan hubungan intim dengan aman

Seperti yang telah dikatakan tadi jika virus HPV (pemicu sel kanker mulut rahim) bisa menyebar melalui hubungan intim yang tidak aman.

Nah, agar terhindar dari kanker mulut rahim Anda dianjurkan untuk menggunakan kondom ketika berhubungan intim.

Anda juga sebaiknya setia hanya dengan satu pasangan saja, karena risiko tertular virus HPV akan meningkat jika Anda sering bergonta-ganti pasangan seksual. Bahkan, wanita yang hanya memiliki satu pasangan pun bisa saja terinfeksi virus ini jika pasangannya memiliki banyak pasangan seksual lain selain Anda.

3. Vaksinasi HPV

Melakukan vaksinasi HPV juga diperlukan untuk mencegah infeksi yang menjadi penyebab utama kanker serviks atau mulut rahim ini.

Cara Pencegahan Kanker Mulut RahimVaksin HPV sebenarnya lebih efektif diberikan pada wanita yang belum pernah melakukan hubungan intim. Tetapi, wanita dewasa yang sudah aktif secara seksual juga dianjurkan untuk mendapatkan vaksin ini sebelum semuanya terlambat.

Tetapi yang perlu Anda ingat, meskipun vaksin HPV bisa mengurangi risiko kanker serviks, vaksin ini tidak menjamin jika Anda akan terlindungi sepenuhnya dari kanker serviks.

Untuk itu, Anda tetap disarankan untuk melakukan hubungan intim yang sehat dan rutin lakukan pap smear.

4. Stop kebiasaan merokok

Tidak merokok merupakan pilihan yang tepat bagi para wanita, Karena kebiasaan buruk tersebut tak hanya akan merusak jantung dan paru-paru tetapi juga dapat memicu sel kanker serviks berkembang dalam mulut rahim Anda.

Ini karena kandungan pada rokok membuat infeksi HPV sulit dihilangkan dari tubuh, sehingga infeksi ini berpotensi besar menjadi kanker serviks.

5. Menjaga kebersihan miss V (vagina)

Di samping melakukan pap smear untuk mencegah kanker serviks, Anda juga harus dan wajib menjaga kebersihan di area miss V, terutama saat menstruasi dan keputihan.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara pencegahan kanker serviks yang perlu diketahui oleh kaum wanita. Semoga dengan adanya artikel ini berguna bagi kehidupan Anda.

Posted by : 5 Cara Pencegahan Kanker Mulut Rahim yang Wajib Diketahui Wanita on obatkankerrahimalami.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*