Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker Rahim

Cara Efektif Mengurangi Risiko Seorang Wanita Terkena Kanker Rahim

Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker Rahim Pada Wanita – Siapa yang tidak ingin jika tubuhnya bebas dari yang namanya penyakit?! Ya, Semua orang termasuk admin dan Anda pun tentunya ingin mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan bebas dari penyakit.

Untuk itu Anda harus pintar-pintar menjaga kesehatan tubuh dengan menjalani pola hidup yang sehat.

Terlebih saat ini, penyakit sudah banyak jenisnya dan berbahaya. Salah satu penyakit yang paling banyak menyerang wanita dan paling banyak menyebabkan kematian pada wanita ialah kanker rahim atau kanker serviks.

Mungkin Anda tidak asing dengan penyakit ini!

Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker Rahim

Ya, kanker rahim atau kanker serviks ini biasanya terjadi pada perempuan di usia 60 tahun, namun tak menutup kemungkinan terjadi pada usia di bawah 60 tahun.

Buktinya, saat ini banyak sekali kasus wanita yang meninggal dunia karena menderita kanker rahim di usia yang terbilang masih produktif.

Nah, untuk itulah saat ini admin akan membahas bagaimana caranya mengurangi risiko terkena kanker rahim, sehingga perkembangan sel kanker bisa dicegah sedini mungkin. Dan Anda bisa terbebas dari penyakit mematikan tersebut.

Tips dan Cara Efektif Mengurangi Risiko Terkena Kanker Rahim pada Wanita Di Semua Usia

Anda harus tahu dulu, bahwa kebanyakan kasus kanker rahim dan kanker serviks erat kaitannya dengan infeksi HPV jenis tertentu.

Infeksi virus jenis ini biasanya menyebar melalui hubungan seksual tak aman, seperti sering bergonta-ganti pasangan seksual, melakukan seks anal dan lain sebagainya.

Untuk itu, baiknya gunakan kondom ketika berhubungan intim guna mengurangi risiko tertular HPV karena diperkirakan sekitar 99 persen kasus kanker rahim / kanker serviks diakibatkan oleh virus ini.

Dan langkah-langkah untuk mengurangi risiko terkena kanker rahim meliputi :

  • Screening atau pap smear rutin pada leher rahim

Pap smear atau screening merupakan salah satu metode yang bisa dilakukan untuk mendeteksi sel-sel yang berpotensi menjadi kanker. Sedangkan pap smear leher rahim bermanfaat untuk memeriksakan kesehatan sel-sel pada leher rahim.

Kebanykan hasil tes pada wanita menunjukkan hasil normal. Jadi disarankan untuk melakukan tes ini secara teratur.

Terlebih jika Anda wanita yang pernah berhubungan intim dan terutama sudah berusia 25-49 tahun, sangat disarankan untuk melakukan tes ini tiap tiga tahun sekali agar terhindar dari penyakit kanker rahim dan kanker serviks.

Sedangkan untuk wanita dengan usia 50-64 tahun di sarankan melakukan tes sebanyak lima tahun sekali.

  • Menjauhi rokok

Tak hanya memicu penyakit jantung, hipertensi dan impotensi, rokok juga semakin menambah risiko Anda terkena kanker serviks semakin tinggi.

Karena apa? Orang yang merokok jauh lebih sulit dalam menghilangkan infeksi HPV dari tubuh, sehingga infeksi ini berpotensi menjadi kanker.

  • Vaksinasi

Melakukan vaksinasi HPV dapat melindungi wanita dari infeksi virus jenis ini ( HPV / Human Papiloma Virus ) yang merupakan penyebab utama kanker serviks.

Vaksin baiknya diberikan pada wanita sebelum aktif secara seksual, sehingga tubuh akan lebih kuat jika suatu waktu virus ini menyerang.

Meskipun begitu, vaksin ini tidak menjamin Anda bisa terbebas dari penyakit kanker rahim atau kanker serviks namun hanya mengurangi risikonya saja.

  • OlahragaCara Mengurangi Risiko Terkena Kanker Rahim

Semua orang mungkin tahu bahwa olahraga bisa membuat badan Anda sehat dan fit setiap harinya. Namun tak banyak yang tahu jika ternyata olahraga 30 menit sehari, lima hari dalam seminggu dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker rahim hingga 50 persen.

Para peneliti meyakini bahwa olahraga fisik secara teratur bisa membuat hormon dalam tubuh tetap stabil dan sehat, sekaligus dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, sistem pencernaan tubuh pun bisa terjaga kesehatannya.

  • Minum kopi

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker rahim. Tetapi menjadikan kebiasaan minum kopi sebagai satu-satunya upaya untuk melindungi diri dari penyakit kanker juga tidak cukup disarankan.

Karena apa? terlalu banyak minum kopi juga bisa memicu hal-hal lainnya pada tubuh.

  • Menjaga berat ideal tubuh

Direktur Eksekutif Worls Cancer Research Fund mengungkapkan bahwa untuk mengurangi risiko terkena kanker rahim dan kanker jenis lainnya adalah dengan selalu menjaga berat badan seproporsional mungkin.

Tidak terlalu gemuk, dan tidak terlalu kurus. Dan salah satu cara untuk menjaga berat badan agar tetap ideal atau proporsional adalah dengan olahraga atau aktif setidaknya 30 menit per hari.

Baca juga : 8 makanan penyebab kanker rahim makin parah, harus dihindari!

Nah, itulah 6 langkah sederhana mencegah kanker rahim agar tidak menghinggapi tubuh Anda. Semoga bermanfaat bagi kehidupan Anda dan keluarga.

Untuk mendapatkan informasi mengenai kanker serviks atau kanker rahim lebih lengkap, Anda bisa mendatangi Rumah Sakit terdekat atau menghubungi organisasi yang fokus pada urusan kanker.

Sumber : vemale.com/ , alodokter.com/

Terimakasih telah menyimak artikelnya sampai habis, sampai jumpa di artikel berikutnya ya …

Posted by : Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker Rahim on Obat Kanker Rahim

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Inilah Perawatan Miss V Yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah | APOTEK 45
  2. Yuk, Deteksi Dini Kanker Rahim Dengan Berbagai Metode Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*