Bahaya Kanker Rahim Jika Tidak Cepat Diobati

Bahaya Kanker Rahim Jika Tidak Cepat Diobati

Bahaya kanker rahim jika tidak cepat diobati – Tahukah Anda? Bahwa saat ini, jumlah kasus kanker rahim semakin meningkat dari tahun ke tahunnya.

Terlebih gaya hidup dan prilaku orang di jaman sekarang cenderung buruk dan tidak sehat, seperti kebiasaan merokok atau mungkin gonta-ganti pasangan seksual.

Bahaya Kanker Rahim Jika Tidak Cepat Diobati
Sumber gambar : jawapos.com

Pengetahuan masyarakat awam akan penyakit ini juga masih sangat minim, sehingga kesadaran masyarakat terkait penyakit kanker rahim atau dikenal juga dengan kanker serviks yang mematikan ini banyak tidak disadari oleh penderitanya.

Tak heran hingga saat ini, kanker rahim menempati urutan teratas sebagai salah satu penyakit kanker yang membunuh wanita terbanyak di dunia.

Bahkan di Indonesia sendiri, penyakit kanker rahim ini setiap harinya terdapat 40 wanita yang terdiagnosa menderita penyakit ini, dan 25 persen wanita di antaranya meninggal karena penyakit kanker rahim terlambat diobati.

Mengingat sangat berbahayanya kanker rahim ini bagi wanita, maka selain mengenali ciri dan gejala kanker rahim, Anda juga harus mengetahui apa saja bahaya dari kanker rahim, terutama jika tidak diobati secepatnya!

Bahaya Kanker Rahim Jika Tidak Cepat Diobati

Tak hanya terjadi pada orang tua atau wanita lansia, kanker rahim juga banyak terjadi pada wanita di segala usia, termasuk para remaja.

Maka dari itu Anda diharuskan melakukan pemeriksaan pap-smear guna mengetahui ada tidaknya virus penyebab kanker rahim atau leher rahim, yakni virus HPV ( human papilloma virus ) pada organ reproduksi Anda.

Kanker rahim yang tidak segera mendapatkan penanganan bisa menyebar ke organ lain, khususnya ke kelenjar getah bening,

sehingga diperlukan tindak operasi pengangkatan tumor pada rahim atau seluruh indung telur dan saluran telur untuk menghindari kemungkinan penyebaran kanker semakin meluas.

Tak hanya kelenjar getah bening, kanker rahim juga dapat menyebar ke kandung kemih, rektum dan organ lain, sehingga memicu komplikasi dan penyakit semakin parah dan sulit untuk diobati.

Munculnya kanker rahim juga bisa membuat wanita tidak bisa hamil, mengingat kanker atau tumor tumbuh di rahim,

sehingga mengharuskan penderitanya melakukan tindakan operasi hysterectomy yang tak jarang tindakan ini dilakukan dengan pengangkatan organ-organ di sekitar rahim, seperti indung telur, kelenjar limfe, dan saluran tuba fallopi.

Selain itu, ada beberapa bahaya kanker rahim yang tidak secepatnya diobati lainnya, di antaranya :

  • Radang panggul

Kanker rahim yang telah menyebar mungkin akan menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang berada di area panggul, rasa sakit ini terjadi akibat tekanan rahim yang mengenai sel saraf di sekitar panggul sehingga tak heran jika kondisi ini diartikan sebagai kondisi abnormal yang seharusnya dideteksi penderita nyer panggul.

  • Infeksi kandung kemih

Selain mengeluhkan nyeri di area panggul, penderita kanker rahim juga biasanya sering mengeluhkan sakit di area saluran kemih. Ini terjadi akibat tumor yang berkembang dalam rahim.

Pada stadium awal, Anda mungkin akan merasakan sakit saat buang air kecil, dan kondisi ini merupakan tanda awal kanker rahim yang perlu diwaspadai.

  • Pendarahan hebat

Jika kanker rahim sudah masuk stadium lanjut, seringkali penderita akan mengalami pendarahan yang bisa terjadi lebih dari biasanya dari hari ke hari.

Pendarahan ini biasanya terjadi di luar siklus haid normal yang mengakibatkan tubuh kekurangan sel darah merah dan Anda akan mudah mengalami kelelahan .

  • Disfungsi sekual

Rahim erat kaitannya dengan bagian vital wanita, yakni area vagina. Meski letaknya berada di bagian bawah setelah perut, sel kanker yang telah berkembang pada lapisan rahim bisa berbahaya bagi kelangsungan aktivitas seksual Anda.

Kondisi ini dikhawatirkan menyebabkan tidak berfungsinya organ seksual wanita untuk menerima rangsangan seksual dari pasangannya.

  • Erosi tulang belakang

Erosi tulang belakang, lebih tepatnya tulang punggung sangat terasa menyiksa bagi penderita kanker rahim .

Tulang belakang yang nyeri luar biasa tidak mampu menopang tubuh secara utuh, sehingga terkadang Anda akan mengalami ketidakseimbangan, sehingga Anda sering mengalami jatuh secara tiba-tiba dan membutuhkan pengawasan penuh saat dirawat.

  • Anemia
  • Berat badan turun
  • Gangguan sistem imun
  • Kematian

Sangat menyeramkan bukan bahaya dari kanker rahim yang tidak secepatnya diobati?

Untuk itu, bagi Anda para wanita baiknya tidak malas untuk melakukan pola hidup sehat dengan menghindari faktor-faktor yang dapat memicu kanker rahim muncul di tubuh Anda. Sehingga risiko terserang kanker mematikan ini semakin kecil.

Seperti pepatah dulu mengatakan, “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Tips Mencegah Terjadinya Kanker Rahim / Kanker Serviks

Bahaya Kanker Rahim Jika Tidak Cepat DiobatiTelah Anda ketahui bahwa agak sulit untuk mengenali gejala awal kanker rahim karena pada stadium awal, kanker ini tidak menimbulkan tanda apapun.

Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan pap smear secara berkala untuk melihat dan mendeteksi apabila ada aktivitas sel kanker rahim/serviks yang tidak normal. Jadi kanker rahim bisa dicegah kemunculannya.

Tak hanya itu, Anda juga memerlukan vaksinasi HPV ( Human Papilloma Virus ) agar tak terjangkit kanker rahim di kemudian hari.

Karena seperti yang telah diketahui bahwa infeksi HPV merupakan 99% penyebab kanker rahim atau kanker serviks. Tak hanya menyebar melalui hubungan seksual, tetapi virus ini juga bisa menyebar melalui sentuhan .

Demikian informasi sederhana yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda ladies, sampai jumpa di artikel berikutnya ya …

Posted by : Bahaya Kanker Rahim Jika Tidak Cepat Diobati on OBAT KANKER RAHIM HERBAL

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*