9 Ciri Infeksi Panggul yang Bisa Picu Infertilitas

Kenali 9 Ciri Infeksi Panggul yang Bisa Picu Infertilitas

Ciri Ciri Infeksi / Radang Panggul – Tak sedikit wanita yang saat ini masih berusaha dan kesulitan untuk memiliki keturunan. Sehingga membuat mereka merasa kurang sempurna sebagai perempuan karena belum juga dikaruniai keturunan.

Sebenarnya ada banyak penyebab yang membuat seorang wanita sulit hamil, salah satu di antaranya adalah karena adanya penyakit infeksi atau radang panggul (PID).

Ciri Infeksi Panggul

Ya, infeksi atau radang panggul merupakan salah satu penyakit yang bisa menghambat seorang wanita untuk memiliki keturunan.

Celakanya, gejala dari infeksi ini seringkali tidak disadari penderitanya, bahkan ada juga yang tidak menunjukkan gejala apapun saat seseorang menderitanya. Sehingga membuat para wanita beresiko besar mengalami mengalami penyakit ini.

Seperti dikutip dari liputan6.com/health, penulis studi yakni Kristen Kreisel yang juga ahli epidemiologi dari divisi pencegahan penyakit menular seksual di Amerika mengatakan, radang panggul seringkali tidak menunjukkan gejala. Hanya ada beberapa kondisi yang muncul pada umumnya.

“Gejalanya termasuk keputihan abnormal atau sensasi terbakar (panas) saat buang air kecil. Perut juga mungkin akan terasa sakit terus-menerus, nyeri atau pendarahan selama berhubungan seksual dan demam,” Jelasnya.

“Tidak ada tes khusus untuk mendiagnosis radang panggul, sehingga dokter seringkali mengandalkan pelaporan gejala. Itu salah satu hal yang paling menakutkan karena Anda mungkin tidak tahu jika itu bisa terjadi” Ujarnya lagi.

Radang panggul terjadi pada satu atau lebih organ reproduktif pelvis wanita, termasuk uterus, ovarium dan tuba fallopi.

Wanita yang menderita penyakit infeksi panggul juga beresiko tinggi mengalami kehamilan di luar kandungan, sehingga untuk meminimalisir bahaya infeksi atau radang panggul kronis, Anda perlu mengenali apa saja ciri dan gejala infeksi panggul.

Ciri Ciri Infeksi / Radang Panggul

Seperti yang dikatakan tadi, jika gejala infeksi panggul pada kebanyakan kasus bisa muncul tanpa gejala sama sekali.

Tetapi pada sebagian besar kasusu wanita yang menderita infeksi panggul mengalami kondisi di bawah ini:

1. Buang air kecil terasa begitu menyakitkan

Sebenarnya memang ada banyak kondisi penyakit yang ditandai dengan rasa sakit yang muncul saat buang air kecil. Seperti menandakan adanya masalah prostat pada pria, infeksi saluran kencing, atau juga bisa karena kurangnya asupan serat yang diserp tubuh.

Kebiasaan menahan buang air kecil juga bisa memicu rasa nyeri saat buang air kecil. Jadi sebaiknya, jika Anda sering merasakan sakit saat buang air kecil terutama jika rasa sakit muncul secara terus-menerus, Anda perlu memeriksakan kondisi tersebut ke dokter untuk mengetahui apakah rasa sakit tersebut ada kaitannya dengan radang panggul atau penyakit lainnya.

2. Demam tinggi (sering di atas 37º C ) dan menggigil

Sama seperti sakit saat buang air kecil, demam tinggi juga merupakan gejala umum yang sering dialami jika Anda mengalami penyakit seperti flu, batuk, panas dalam atau masuk angin.

Tetapi, yang perlu Anda ingat jika demam juga bisa menandakan adanya kondisi penyakit lain, terutama ketika demam atau menggigil disertai dengan rasa sakit yang muncul di area panggul.

3. Hubungan seksual yang terasa begitu menyakitkan

Merasa kesakitan di area kewanitaan saat berhubungan intim dengan suami bisa menandakan ada yang tidak beres dengan bagian panggul Anda.

Hal ini kemungkinan dengan adanya kondisi penyakit lain yang cukup besar seperti halnya radang panggul.

4. Keputihan berwarna kuning atau hijau dan berbau busuk

Keputihan memang hal normal yang pasti dialami setiap wanita, tetapi Anda perlu waspada jika keputihan yang dialami tidak seperti biasanya.

Mengalami keputihan dengan perubahan warna, berbau tak sedap atau busuk, menandakan adanya masalah pada organ panggul Anda.

5. Mual dan muntah

Kondisi ini biasanya akan terjadi saat Anda mengalami demam, dan kemungkinan besar akan selalu diikuti dengan muntah-muntah.

Jika mual dan muntah ini terjadi cukup lama dan jangka panjang, jangan diabaikan karena sudah pasti berbeda dari gejala masuk angin biasa.

6. Nyeri perut atau nyeri tekan (biasanya terasa di perut bagian bawah) atau nyeri panggul yang parah

Ketika terjadi peradangan di bagian panggul, gejala utama yang pasti akan dirasakan adalah rasa nyeri di bagian panggul.

Ketika panggul mulai sakit, kemungkinan Anda akan mengabaikannya jika rasa nyeri bersifat sementara. Tetapi jika rasa sakit tersebut berkelanjutan, Anda perlu mencurigainya dan segera termui dokter untuk segera diketahui apakah ada yang tidak beres pada kesehatan panggul Anda.

7. Perdarahan

Selain massa menstruasi yang lebih lama dari biasanya, pendarahan atau proses keluarnya darah haid dan rasa sakit berlebihan di masa haid terbilang kondisi yang tidak normal.

Ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada bagian panggul. Untuk itu jika pendarahan tidak berhenti dan terus berlanjut di antara periode datang bulan, segera cari cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan dan periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

8. Diare

9. Mudah lelah

Kelelahan yang begitu mudah melanda kemungkinan bisa disebabkan oleh pendarahan yang terjadi atau efek dari rasa nyeri yang terus-menerus dirasakan.

Ketika banyak darah keluar, otomatis berpengaruh terhadap mudahnya tubuh mengalami kelelahan dari biasanya.

Jika ini sering Anda rasakan, sebaiknya temui dokter terutama saat rasa lelah disertai dengan gejala lain seperti di atas.

Jadi pada intinya, dengan mengenali ciri-ciri infeksi panggul di atas dapat membantu dokter untuk memaksimalkan pengobatan dan meminimalkan bahaya akibat infeksi panggul yang kita ketahui jika infeksi panggul tidak segera mendapatkan penanganan bisa menyebabkan komplikasi yang cukup serius seperti halnya infertilitas atau kemandulan.

Jadi, segera temui dokter dan lakukan pengobatan infeksi panggul sampai tuntas agar peradangan bisa secepatnya diatasi dan tidak mudah kembali.

Demikian informasi seputar ciri infeksi panggul yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat bagi Anda dan bisa lebih waspada lagi jika menemui gejala-gejala ini.

Sampai jumpa di artikel berikutnya …

Sumber : halosehat.com/penyakit/gejala/gejala-radang-panggul

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*